Kamis, Maret 19, 2015

Wehandaka Raih Gelar Doktor Berkat Penelitian Pewarnaan Kulit Kambing

SemarangEdu.com     Kamis, Maret 19, 2015  


 (gambar: gerbang Undip)



Kamis (19/3) siang  di gedung Pascasarjana Undip Pleburan menjadi hari bersejarah bagi Ir. Wehandaka Pancapalaga, M.Kes.


Berkat desertasinya dengan judul “Metode Penutupan Lilin untuk Pewarnaan Kulit Kambing Samak Krom" yang ia presentasikan saat itu, mengantarnya memperoleh gelar Doktor.

Mengutip laman undip.ac.id, bahwa Ujian Promosi Doktor tersebut dipimpin oleh Dekan FPP Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. Promotor (Prof. Dr. Ir. V. Priyo Bintoro, M.Agr.), Ko-Promotor (Prof. Dr. Ir. Suharjono Triatmojo, M.S. dan Dr. Yoyok Budi Pramono, S.Pt., M.P.), dengan penguji (Dr. Ir. Ambar Pertiwiningrum, M.Si.,  Prof. Dr. Ir. Anang M. Legowo, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Agung Purnomoadi, M.Sc., dan Dr. Ir. Antonius Hintono, M.P.

Wehandaka dalam paparannya menjelaskan tentang bagaimana mengantisipasi aliran produk kulit samak dan barang-barang kulit dari luar negeri secara tidak terkendali.

Menurutnya perlu upaya peningkatan nilai tambah dan diversifikasi produk kulit samak dengan terus melakukan inovasi teknologi dengan cara memodifikasi pewarnaan Metode Penutupan Lilin (MPL) yang umum untuk  kain dan sutera, agar dapat diterapkan pada kulit kambing samak krom sehingga   menghasilkan produk kulit samak  yang bermotif  seindah kain batik.

dalam penelitiannya ia jelaskan tujuan untuk  menemukan  metode penutupan lilin   yang tepat  diterapkan untuk pewarnaan kulit kambing samak krom.

Tiga hal yang secara khusus  yang ingin ia capai dalam penelitian ini  adalah:

pertama, memperbaiki sifat fisik lilin modifikasi  dengan menemukan  rasio yang tepat  antara lilin parafin, gondorukem dan lemak sapi  sebagai  perintang warna;

kedua,  menemukan konsentrasi  natrium silika sebagai bahan  pelepasan lilin yang baik untuk diterapkan pada  pewarnaan MPL   kulit kambing samak krom;

ketiga, menemukan jenis bahan warna yang tepat   untuk diterapkan pada  pewarnaan  MPL  pada  kulit kambing samak krom dan berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pewarnaan MPL  dapat  diterapkan untuk  kulit kambing samak krom

Masih kaitan forum tersebut, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Undip mengatakan bahwa sampai saat ini Program Studi Doktor Ilmu Peternakan telah meloloskan 30 Doktor, dan  Ir. Wehandaka Pancapalaga, M.Kes., merupakan Doktor ke 692 di Undip.

harapan Prof. Arifin adalah agar Doktor baru ini dapat mengaplikasikan ilmunya baik bagi pengembangan institusinya maupun bagi masyarakat karena selama ini belum banyak para peternak dapat memanfaatkan secara optimal dari kulit kambing untuk dibuat kerajinan terutama batik (K12/ mft)

,

SemarangEdu.com


Portal Berita Pendidikan, menyajikan berita-berita pendidikan yang aktual dan akurat dari kota metropolis Semarang |
Baca halaman utama→