Minggu, April 12, 2015

SMK Texmaco Satu-Satunya Pelaksana UN CBT di Semarang

SemarangEdu.com     Minggu, April 12, 2015  

Minggu, 12 April 2015  |  Abe Ziyad - SemarangEdu















Mangkang- jelang akhir tahun pelajaran, publik diramaikan pemberitaan tentang UN berbasis komputer atau CBT (computer based test). Berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tahun pelajaran 2014/2015 pelaksanaan ujian nasional (UN) memang menggunakan UN berbasis komputer atau CBT (computer based test).

Namun tidak semua sekolah yang menggunakannya. Bagi sekolah yang tidak ditunjukmenggunakan CBT, masih menggunakan pola lama, dengan kertas LJK.

Di semarang sendiri, Dinas Pendidikan Kota Semarang awalnya menguslkan sekolah yang mengguakan CBT hanya 10 sekolahan. kesepuluh sekolah tersebut adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mengingat SMK dipandang siap sarana dan prasarananya.

Menjelang UN berlangsung, kenyataan berbicara lain. Dari sepuluh sekolah SMK kota Semarang yang disusulkan, hanya satu yang lolos penilain dari Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SMK yang akan mengikuti CBT adalah SMK Texmaco Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs. Bunyamin, M.Pd,  mengaku ketidaklolosan sembilan SMK lainnya untuk melaksanakan UN CBT tahun ini sebagian besar dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang mendukung yang menjadi salah satu persyaratan. "Yang ditunjuk melaksanakan UN CBT tahun ini baru SMK Texmaco. Kami sebenarnya mengusulkan 10 SMK, tetapi hanya satu yang lolos," ujarnya, Kamis (9/4/2015).






Ketersediaan perangkat komputer yang dimiliki sekolah setidaknya sepertiga dari jumlah total siswa yang mengikuti UN, sebab pelaksanaan UN CBT akan dibagi dalam tiga sesi ujian setiap harinya. Meskipun demikian, Bunyamin tetap mengapresiasi karena ada SMK di Kota Semarang yang dipercaya melaksanakan UN CBT pada tahun ini bersama dengan sekolah-sekolah dari daerah lain yang ditunjuk melaksanakan UN online.

Teknis pelaksanaan ujian tahun ini, tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Pelaksanaan UN CBT ini akan diawasi oleh guru pengawas silang, sama seperti penyelenggaraan UN biasanya. Namun, ada petugas khusus yang meng-handle persoalan teknis dan jaringan," lanjut Bunyamin.

Menurut jadwal, besok pagi, (Senin, 13/4/2015) UN untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) akan dimulai. semuanya akan berakhir Rabo, (15/4/2015). Kecuali SMK, akan berakhir Kamis (16/4/2015).

, ,

SemarangEdu.com


Portal Berita Pendidikan, menyajikan berita-berita pendidikan yang aktual dan akurat dari kota metropolis Semarang |
Baca halaman utama→