Selasa, Mei 19, 2015

Ini Tujuh Provinsi dengan Indeks Integritas Tertinggi UN 2015

SemarangEdu.com     Selasa, Mei 19, 2015  

Selasa, 19 Mei 2015  |  Abe Ziyad - Semarangedu


Jakarta. UN SMA/ sederajat telah usai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan tujuh provinsi yang mendapat indeks integritas tertinggi dalam pelaksanaan UN SMA/sederajat tahun ini.

DI Yogyakarta, merupakan propinsi yang menempati peringkat pertama, meski di propinsi ini, pernah ada fenomena terkait soal UN.

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, hasil indeks integritas setiap provinsi, dari peringkat tertinggi hingga terendah akan dikirimkan ke semua pimpinan daerah, yaitu gubernur, walikota dan bupati. "Setiap gubernur akan menerima potret kejujuran sekolah di provinsinya. Setiap bupati akan menerima potret kejujuran sekolah di kabupatennya," ujar Mendikbud saat jumpa pers di Gedung Ki Hadjar Dewantara, Jakarta, Jumat (15/05/2015).

Anies mengungkapkan, semakin sebuah daerah berani menggunakan komputer dalam ujian, berarti semakin daerah tersebut jujur dalam ujian nasional. Menurutnya, indikasi kecurangan terdapat pada ujian nasional berbasis kertas atau paper based test (PBT). Sedangkan untuk UN CBT (Computer Based Test) atau ujian berbasis komputer, Mendikbud mengatakan tidak terjadi kecurangan sama sekali. "Tingkat kecurangan UN berbasis komputer adalah nol," tuturnya.

Berikut urutan lengkpanya:
1. Propinsi DI Yogyakarta
2. Propinsi Bangka Belitung, 
3. Propinsi Kalimantan Utara, 
4. Propinsi Bengkulu, 
5. Propinsi Kepulauan Riau, 
6. Propinsi Gorontalo, dan 
7. PropinsiNusa Tenggara Timur (NTT). 



, ,

SemarangEdu.com


Portal Berita Pendidikan, menyajikan berita-berita pendidikan yang aktual dan akurat dari kota metropolis Semarang |
Baca halaman utama→