Senin, Juni 01, 2015

Mendikbud Kaget, Mau Masuk TK Pakai Tes

SemarangEdu.com     Senin, Juni 01, 2015  No comments

Senin,  1 Juni 2015  |  Ibnu Umar - SemarangEdu

Mendikbud Anies Baswedan (foto: dok. Kemdikbud)

Yogyakarta- “Anak TK masuk dengan tes?” itulah pertanyaan yang terlontar dari Mendikbud Anies Baswedan, usai ia melihat buku seputar persiapan tes masuk TK (Taman Kanak-kanak) yang dijual di toko buku. Selain itu, Anies juga menemukan ada kartu baca untuk bayi delapan bulan. Hal tersebut disampaikannya dalam Seminar Nasional Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Yogyakarta, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya, banyaknya buku semacam itu membuat orang tua merasa takut anaknya akan tertinggal, bahkan terbelakang, jika tidak diberikan materi pendidikan sebanyak mungkin di usia dini.

“Jangan sampai anak-anak kita dibekali dengan target-target pendidikan yang rumit.  Tugas kita adalah menyadarkan bahwa ini adalah masa mereka meneruskan karakter pembelajar. Memberikan mereka kesempatan untuk bermain,” tutur Mendikbud di hadapan lebih dari 6.300 pendidik PAUD dari 19 provinsi di Indonesia,

Seharusnya, lanjut Anies, mendidik anak seharusnya dengan ketertiban dan tata tentram yang mampu menjaga kelangsungan batin anak. Tetapi anak juga tidak boleh dibiarkan terlalu bebas. Hal yang perlu dilakukan adalah tetap mengamati dan membimbing anak sehingga tumbuh sesuai kondratnya sendiri.

,

SemarangEdu.com


Portal Berita Pendidikan, menyajikan berita-berita pendidikan yang aktual dan akurat dari kota metropolis Semarang |
Baca halaman utama→

0 comments :

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.